RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN K 13 Bahasa Indonesia SMP Kelas 7
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEKS DESKRIPSI-Siklus 1
Sekolah : SMPN
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Teks Deskripsi (KD 3.1 dan 4.1)
Alokasi Waktu : 5 x Pertemuan (10 JP)
A.
Kompetensi Inti
- Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargaidan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
- Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1
|
Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat
bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
|
3.1.1. Menentukan ciri umum teks
deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
|
3.1.2. Menentukan ciri teks deskripsi
dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
|
||
3.1.3. Menentukan jenis teks
deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
|
||
4.1
|
Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat
wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar
dan dibaca.
|
4.1.1 Memetakan teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya) yang dibaca/didengar.
|
4.1.2 Menjawab pertanyaan isi
teks deskripsi yang dibaca/didengar.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat:
1.
menentukan
ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang
dibaca/didengar.
2.
menentukan
ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.
menentukan
jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
4.
memetakan
teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya) yang dibaca/didengar.
5.
menjawab pertanyaan isi teks
deskripsi yang dibaca/didengar.
D.
Materi Pembelajaran
Pengetahuan
Kegiatan A
1)
Pengertian Teks Deskripsi;
2)
Jenis Teks Deskripsi
3)
Tujuan komunikasi Teks Deskripsi
4)
Pola pengembangan pada Teks Deskripsi
Keterampilan
Kegiatan B
1)
Memetakan pengembangan isi
2)
Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal
yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian)
3)
Praktik menentukan pola pengembangan isi teks
E.
Metode Pembelajaran
Diskusi, tanya jawab, inkuiri,
penugasan
F.
Media Pembelajaran
1)
Laptop+LCD
2)
Teks deskripsi
3) Kertas plano 5 lembar
4) Kertas post it 5 warna
5)
Kertas HVS sejumlah siswa
G.
Sumber Belajar
a. Harsiati,
Titit at all. 2016. Bahasa Indonesia
Wahana Pengetahuan SMP/MTs Kelas VII (Edisi Revisi 2016). Jakarta:
Kemdikbud (hal 1-36)
b. Harsiati,
Titik at all. 2016. Buku Guru Bahasa
Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs Kelas VII (Edisi Revisi 2016). Jakarta:
Kemdikbud (hal. ...)
H.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
PERTEMUAN PERTAMA (80 MENIT)
a.
Pendahuluan (10 Menit)
a)
Guru bertanya-jawab
tentang bentuk teks deskripsi dalam kehidupan sehari-hari.
b)
Menyanyikan lagu
Rayuan Pulau Kelapa.
c)
Bertanya jawab
tentang kata kunci pada lagu Rayuan Pulau Kelapa dan hubungannya dengan teks
deskripsi.
d)
Mengungkapkan
kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
e)
Membangun konteks
untuk menumbuhkan sikap peduli dan percaya diri pada wisata daerah Mataram dan
NTB
pada umumnya.
b.
Kegiatan Inti (60 Menit)
a) Membaca/mendengarkan contoh teks Deskripsi ;
b) Mempertanyakan pengertian teks Deskripsi, cirinya, dan perbedaannya dengan teks yang lain
c) Membaca berbagai contoh teks Deskripsi
d) Berdiskusi tentang
ciri teks Deskripsi
e)
Menyimpulkan cirri umum
teks deskripsi dari segi pengertian
dan isi teks deskripsi
c.
Penutup (10 Menit)
a)
Guru dan siswa
merefleksi tentang kesulitan dan manfaat dari kegiatan pembelajaran yang telah
berlangsung;
b)
Siswa menerima
tugas untuk membaca teks deskripsi.
2.
PERTEMUAN KEDUA : (80 MENIT)
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a)
Siswa dan guru memulai kegiatan
pembelajaran dengan berdoa dan mengabsen;
b)
Guru membuat
kelompok dengan cara setiap siswa menyebut 6 frasa atau kata yang
terkait dengan teks deskripsi (identifikasi, deskripsi bagian, sinonim,
antonim, homonim) untuk mengamati struktur teks Deskripsi. Setiap siswa yang
menyebut frasa atau katayang sama dimasukkan dalam satu kelompok;
c)
Menyampaikan kompetensi dasar
dan indikator yang akan dicapai.
d)
Membangun konteks
untuk menumbuhkan sikap disiplin dan tanggung jawab
dalam memelihara wisata daerah Mataram dan NTB pada umumnya dengan menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah
sembarangan.
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
a)
Mengamati struktur teks
deskripsi;
b)
Mendaftar ciri umum teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah
kebahasaannya
c)
Menelaah strukturteks
deskripsi danpenggunaanbahasa pada teks deskripsi ;
d)
Menggali informasi:tentang karakteristik teks deskripsi ;
e)
Latihan
mengidentifikasi strukturteks deskripsi;
f)
Diskusi menyimpulkan
karakteristik struktur dan bahasa teks Deskripsi ;
c.
Kegiatan
Penutup (10menit)
a)
Guru
dan siswa melakukan refleksi tentang kesulitan dan manfaat dari kegiatan
pembelajaran yang sedang berlangsung;
b)
Guru
menginformasikan kegiatan lanjutan yang akan dipelajari pada pertemuan
selanjutnya;
3.
PERTEMUAN KETIGA (80
MENIT):
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a) Siswa dan guru memulai kegiatan pembelajaran dengan berdoa dan
mengabsen;
b) Guru menyuruh siswa berkelompok sesuai dengan kelompok yang dibuat pada
pertemuan kedua
c) Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
d)
Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap santun dan
jujur dalam mengerjakan tugas dan menyampaikan
pendapat
b.
Kegiatan
Inti (60 menit)
a)
Mengamati teks Deskripsi yang belumlengkap strukturnya
dan salah ejaannya (misal bagian
identifikasinya dirumpangkan);
b)
Mempertanyakan
cara
melengkapi dan memperbaiki kesalahan ejaan;
c)
Membaca lagi cara melengkapi
bagian
struktur teks Deskripsi dan cara memperbaiki kesalahan ejaan;
d)
Berdiskusi
untuk melengkapi
teks Deskripsi dan memperbaiki kesalahan ejaan;
c.
Kegiatan Penutup (10 menit)
a)
Guru
dan siswa melakukan refleksi tentang kesulitan dan manfaat dari kegiatan
pembelajaran yang sedang berlangsung;
b)
Siswa
menerima tugas untuk pembelajaran berikutnya;
4.
PERTEMUAN KEEMPAT (80 MENIT):
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a)
Siswa
dan guru memulai kegiatan pembelajaran dengan berdoa dan mengabsen;
b)
Guru
menyuruh siswa berkelompok sesuai dengan kelompok yang dibuat pada pertemuan
kedua
c)
Menyampaikan
kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
d)
Membangun
konteks untuk menumbuhkan sikap bekerja sama, toleransi dan jujur dalam mengerjakan tugas dan menyampaikan pendapat
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
a)
Mengamati hasil
diskusi untuk melengkapi
teks Deskripsi yang belum
lengkap dan
memperbaiki ejaan yang salah
b)
Menyempurnakan
hasil diskusi tentang melengkapi
teks Deskripsi yang belum
lengkap dan
memperbaiki ejaan yang salah
c)
Mempresentasikan
hasil
melengkapi struktur teks deskripsi dan kebahasaan teks deskripsi
c.
Kegiatan Penutup (10 menit)
a)
Guru
dan siswa melakukan refleksi tentang kesulitan dan manfaat dari kegiatan
pembelajaran yang sedang berlangsung;
b)
Siswa
menerima tugas mencari dua teks
deskripsi untuk setiap kelompok untuk dibahas pada pembelajaran berikutnya.
5.
PERTEMUAN KELIMA
(80 MENIT)
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a)
Siswa dan guru memulai kegiatan pembelajaran dengan berdoa
dan mengabsen;
b) Guru menyuruh siswa berkelompok sesuai dengan kelompok yang dibuat pada
pertemuan kedua
c)
Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan
dicapai.
d)
Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap bekerja sama,
toleransi dan jujur dalam mengerjakan tugas dan menyampaikan pendapat
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
a)
Membaca dua teks deskripsi yang telah ditugaskan pada
pertemuan sebelumnya
b)
Berdiskusi dalam
kelompok untuk menentukan isi dan
ciri-ciri teks dua teks deskripsi
c)
Membagikan teks
deskripsi kepada kelompok lain sebelum mempresentasikan hasil diskusi
d)
Mempresentasikanhasildiskusi untuk menentukan isi dan ciri-ciri
teks dua teks deskripsi
e)
Kelompok yang lain menanggapi
c.
Kegiatan Penutup
a)
Guru
dan siswa melakukan refleksi tentang kesulitan dan manfaat dari kegiatan
pembelajaran yang telah berlangsung;
b)
Guru memberikan
remedial dan pengayaan kepada siswa
I.
Penilaian Hasil Pembelajaran
1)
Teknik
Penilaian
a.
Penilaian
sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/jurnal (pengajaran tidak
langasung/indirect teaching).
b.
Penilaian
pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tertulis.
c.
Penilaian
keterampilan dilakukan dengan teknik tes tertulis.
2)
Instrumen
Penilaian
a) Instrumen Jurnal
Nama Sekolah : SMPN
Kelas/Semester : VII/1
Tahun pelajaran : 2017/2018
NO
|
TANGGAL
|
NAMA SISWA
|
CATATAN PERILAKU
|
BUTIR SIKAP
|
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
|
b)
InstrumenTes
Tertulis
i.
Setelah
membaca kutipan teks deskripsi tersebut, isilah tabel berikut!
No
|
Ciri-ciri teks
|
Paragraf ke
|
|
|
|
|
|
|
ii.
Identifikasi
struktur teks deskripsi yang kalian baca
dengan mengisi tabel berikut!
Struktur teks
|
Paragraf ke-
|
|
|
|
|
|
|
iii.
Tulislah
ejaan yang tidak baku pada teks deskripsi yang telah
dibaca!
Hal
|
Paragraf ke-
|
|
|
|
|
|
|
PEDOMAN PENILAIAN
Kisi-Kisi
Penilaian Tes Tertulis (PG dan Uraian)
Nama Sekolah : SMPN
Kelas/Semester : VII/1
Tahun pelajaran : 2017/2018
NO.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
TEKNIK
PENILAIAN
|
1..
|
3.1.
Mengidentifikasi
informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat
ersbejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
|
Teks
deskripsi (Deskripsi )
|
Disajikan sebuah teks Deskripsi, siswa dapat
1.
Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan
komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
2.
Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang
dibaca/didengar.
3. Menentukan jenis teks
deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
|
Soal PG
|
2.
|
4.1.
Menentukan isi teks
deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah,
kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.
|
|
Disajikan teks deskripsi
1. Memetakan teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya) yang dibaca
2. Menjawab
pertanyaan isi teks deskripsi yang dibaca
|
Soal
Uraian
|
RUBRIK PENSKORAN SOAL URAIAN DA PILIHAN GANDA
No
|
Deskripsi bagian teks deskripsi
|
Skor
Perolehan
|
|||
0-55
|
56-70
|
71-85
|
86-100
|
||
1.
|
Menentukan ciri umum teks
deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
|
|
|
|
|
2.
|
Menentukan ciri teks
deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
|
|
|
|
|
3.
|
Menentukan jenis teks
deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
|
|
|
|
|
4.
|
Memetakan teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya) yang dibaca
|
|
|
|
|
5.
|
Menjawab
pertanyaan isi teks deskripsi yang dibaca
|
|
|
|
|
Penskoran
86-100 =jikaterdapatsemuaunsur
71-85 =jikaterdapat3unsur
56-70 =jikaterdapat2unsur
0-55 =jikaterdapat1unsur
skor perolehan X 100
skormaksimal
Mengetahui :
Kepala SMPN
|
Guru
Mata pelajaran,
|
Comments
Post a Comment