RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN K 13 Bahasa Indonesia SMP Kelas 7

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEKS DESKRIPSI-Siklus 1

Sekolah                 :  SMPN
Mata Pelajaran      :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester     :  VII/1
Materi Pokok        :  Teks Deskripsi (KD 3.1 dan 4.1)
Alokasi Waktu      :  5 x Pertemuan (10 JP)


A.      Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi


NO

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1
Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.

3.1.1. Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.2. Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.3. Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
4.1
Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.

4.1.1 Memetakan teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya) yang dibaca/didengar.
4.1.2 Menjawab  pertanyaan isi teks deskripsi  yang dibaca/didengar.

C.      Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat:
1.    menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
2.    menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.    menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
4.    memetakan teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya) yang dibaca/didengar.
5.    menjawab  pertanyaan isi teks deskripsi  yang dibaca/didengar.


D.    Materi Pembelajaran 

Pengetahuan
Kegiatan A
1)      Pengertian Teks Deskripsi;
2)      Jenis Teks Deskripsi
3)      Tujuan komunikasi Teks Deskripsi
4)      Pola pengembangan pada Teks Deskripsi


Keterampilan
Kegiatan B
1)      Memetakan pengembangan isi
2)      Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian)
3)      Praktik menentukan pola pengembangan isi teks

E.     Metode Pembelajaran

Diskusi, tanya jawab, inkuiri, penugasan

F.     Media Pembelajaran

1)      Laptop+LCD
2)      Teks deskripsi
3)      Kertas plano 5 lembar
4)      Kertas post it 5 warna
5)      Kertas HVS sejumlah siswa

G.    Sumber Belajar
a.     Harsiati, Titit at all. 2016. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs Kelas VII (Edisi Revisi 2016). Jakarta: Kemdikbud (hal 1-36) 
b.    Harsiati, Titik at all. 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs Kelas VII (Edisi Revisi 2016). Jakarta: Kemdikbud (hal. ...)

H.    Langkah-Langkah Pembelajaran

1.       PERTEMUAN PERTAMA (80 MENIT)

a.       Pendahuluan (10 Menit)
a)      Guru bertanya-jawab tentang bentuk teks deskripsi dalam kehidupan sehari-hari.
b)      Menyanyikan lagu Rayuan Pulau Kelapa.
c)      Bertanya jawab tentang kata kunci pada lagu Rayuan Pulau Kelapa dan hubungannya dengan teks deskripsi.
d)     Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
e)      Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap peduli dan percaya diri pada wisata daerah Mataram dan NTB pada umumnya.

b.      Kegiatan Inti (60 Menit)
a)      Membaca/mendengarkan contoh teks Deskripsi ;
b)      Mempertanyakan pengertian teks Deskripsi, cirinya, dan perbedaannya dengan teks yang lain
c)      Membaca berbagai contoh teks Deskripsi
d)     Berdiskusi tentang ciri teks Deskripsi
e)      Menyimpulkan cirri umum teks deskripsi dari segi pengertian dan isi teks deskripsi

c.       Penutup (10 Menit)
a)      Guru dan siswa merefleksi tentang kesulitan dan manfaat dari kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung;
b)      Siswa menerima tugas untuk membaca teks deskripsi.


2.       PERTEMUAN KEDUA : (80 MENIT)
a.       Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a)      Siswa dan guru memulai kegiatan pembelajaran dengan berdoa dan mengabsen;
b)      Guru membuat kelompok dengan cara setiap siswa menyebut 6 frasa atau kata yang terkait dengan teks deskripsi (identifikasi, deskripsi bagian, sinonim, antonim, homonim) untuk mengamati struktur teks Deskripsi. Setiap siswa yang menyebut frasa atau katayang sama dimasukkan dalam satu kelompok;
c)      Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
d)     Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap disiplin dan tanggung jawab dalam memelihara wisata daerah Mataram dan NTB pada umumnya dengan menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

b.      Kegiatan Inti (60 menit)
a)      Mengamati struktur teks deskripsi;
b)      Mendaftar ciri umum teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya
c)      Menelaah strukturteks deskripsi danpenggunaanbahasa pada teks deskripsi ;
d)     Menggali informasi:tentang karakteristik teks deskripsi ;
e)      Latihan mengidentifikasi strukturteks deskripsi;
f)       Diskusi menyimpulkan karakteristik struktur dan bahasa teks  Deskripsi ;

c.       Kegiatan Penutup (10menit)
a)      Guru dan siswa melakukan refleksi tentang kesulitan dan manfaat dari kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung;
b)      Guru menginformasikan kegiatan lanjutan yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya;

3.       PERTEMUAN KETIGA (80 MENIT):
a.       Kegiatan  Pendahuluan (10 menit)
a)      Siswa dan guru memulai kegiatan pembelajaran dengan berdoa dan mengabsen;
b)      Guru menyuruh siswa berkelompok sesuai dengan kelompok yang dibuat pada pertemuan kedua
c)      Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
d)     Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap santun dan jujur dalam mengerjakan tugas dan menyampaikan pendapat

b.      Kegiatan Inti (60 menit)
a)      Mengamati teks Deskripsi yang belumlengkap strukturnya dan salah ejaannya  (misal bagian identifikasinya dirumpangkan);
b)      Mempertanyakan cara melengkapi dan memperbaiki kesalahan ejaan;
c)      Membaca lagi cara melengkapi bagian struktur teks  Deskripsi dan cara memperbaiki kesalahan ejaan;
d)     Berdiskusi untuk melengkapi teks Deskripsi dan memperbaiki kesalahan ejaan;

c.       Kegiatan Penutup (10 menit)
a)      Guru dan siswa melakukan refleksi tentang kesulitan dan manfaat dari kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung;
b)      Siswa menerima tugas untuk pembelajaran berikutnya;


4.       PERTEMUAN  KEEMPAT (80 MENIT):
a.       Kegiatan  Pendahuluan (10 menit)
a)      Siswa dan guru memulai kegiatan pembelajaran dengan berdoa dan mengabsen;
b)      Guru menyuruh siswa berkelompok sesuai dengan kelompok yang dibuat pada pertemuan kedua
c)      Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
d)     Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap bekerja sama, toleransi  dan jujur dalam mengerjakan tugas dan menyampaikan pendapat
b.      Kegiatan Inti (60 menit)
a)      Mengamati hasil diskusi untuk melengkapi teks Deskripsi yang belum lengkap dan memperbaiki ejaan yang salah
b)      Menyempurnakan hasil diskusi tentang melengkapi teks Deskripsi yang belum lengkap dan memperbaiki ejaan yang salah
c)      Mempresentasikan hasil melengkapi struktur teks deskripsi dan kebahasaan teks deskripsi

c.       Kegiatan Penutup (10 menit)
a)      Guru dan siswa melakukan refleksi tentang kesulitan dan manfaat dari kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung;
b)      Siswa menerima tugas mencari dua  teks deskripsi untuk setiap kelompok  untuk dibahas pada  pembelajaran berikutnya.

5.       PERTEMUAN KELIMA (80 MENIT)
a.       Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a)        Siswa dan guru memulai kegiatan pembelajaran dengan berdoa dan mengabsen;
b)       Guru menyuruh siswa berkelompok sesuai dengan kelompok yang dibuat pada pertemuan kedua
c)        Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
d)     Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap bekerja sama, toleransi  dan jujur dalam mengerjakan tugas dan menyampaikan pendapat

b.      Kegiatan Inti (60 menit)
a)      Membaca dua teks deskripsi yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya
b)      Berdiskusi dalam kelompok untuk menentukan  isi dan ciri-ciri teks dua teks deskripsi
c)      Membagikan teks deskripsi kepada kelompok lain sebelum mempresentasikan hasil diskusi
d)     Mempresentasikanhasildiskusi untuk menentukan  isi dan ciri-ciri teks dua teks deskripsi
e)      Kelompok yang lain menanggapi

c.       Kegiatan Penutup
a)      Guru dan siswa melakukan refleksi tentang kesulitan dan manfaat dari kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung;
b)      Guru memberikan remedial dan pengayaan kepada siswa

I.       Penilaian Hasil Pembelajaran

1)   Teknik Penilaian
a.       Penilaian sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/jurnal (pengajaran tidak langasung/indirect teaching).
b.      Penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tertulis.
c.       Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik tes tertulis.


2)   Instrumen Penilaian
a)    Instrumen Jurnal


JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP SOSIAL
Nama Sekolah             : SMPN
Kelas/Semester            : VII/1
Tahun pelajaran           : 2017/2018
NO
TANGGAL
NAMA SISWA
CATATAN PERILAKU
BUTIR SIKAP
1




2




3




4




dst.






b)   InstrumenTes Tertulis

                                   i.      Setelah membaca kutipan teks deskripsi  tersebut, isilah tabel berikut!
No
Ciri-ciri teks
Paragraf ke







                                 ii.      Identifikasi struktur teks deskripsi  yang kalian baca dengan mengisi tabel berikut!
Struktur teks
Paragraf ke-







                               iii.      Tulislah ejaan yang tidak baku pada teks deskripsi yang telah dibaca!
Hal
Paragraf ke-









PEDOMAN PENILAIAN

Kisi-Kisi Penilaian Tes Tertulis (PG dan Uraian)
Nama Sekolah             : SMPN
Kelas/Semester            : VII/1
Tahun pelajaran           : 2017/2018

NO.
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR
TEKNIK
PENILAIAN

1..










3.1.   Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat ersbejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.

Teks deskripsi  (Deskripsi )

Disajikan sebuah teks Deskripsi, siswa dapat
1.      Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
2.      Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.      Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.




Soal PG












2.




4.1.   Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.


Disajikan teks deskripsi
1.      Memetakan teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya) yang dibaca
2.      Menjawab  pertanyaan isi teks deskripsi  yang dibaca



Soal Uraian










RUBRIK PENSKORAN SOAL URAIAN DA PILIHAN GANDA



No





Deskripsi bagian teks deskripsi



Skor Perolehan
0-55
56-70
71-85



86-100


1.
Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.




2.
Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.




3.
Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.




4.
Memetakan teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya) yang dibaca




5.
Menjawab  pertanyaan isi teks deskripsi  yang dibaca





Penskoran
86-100 =jikaterdapatsemuaunsur
71-85   =jikaterdapat3unsur
56-70   =jikaterdapat2unsur
0-55     =jikaterdapat1unsur


Skorakhir=       
     
skor perolehan X 100
skormaksimal





Mengetahui :
Kepala SMPN





Guru Mata pelajaran,




        


            

Comments

Popular posts from this blog

PENDEKATAN EKSPRESIF (ANALISIS PUISI "HANYA SATU" KARYA AMIR HAMZAH)

SEJARAH MUNCULNYA FILSAFAT

TEORI DEKONSTRUKSI (JACQUES DERRIDA)